Nutrisi Penting Penunjang Kecerdasan Anak


Selain faktor keturunan dan faktor lingkungan, ternyata asupan nutrisi serta zat gizi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak.

Baca Juga: Obat Penambah Nafsu Makan Anak

Dengan pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang sejak di dalam kandungan sampai usia 3 tahun, maka semakin banyak jumlah sel-sel otak bayi. Semakin bagus kualitas percabangan sel-sel otak, dan semakin bagus fungsi sinaps antara sel-sel otak bayi dan balita. Untuk itu, bunda dituntut untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, seperti berikut ini.

Nutrisi Penting Penunjang Kecerdasan Anak


  • AA (Arachidonic acid) dan DHA (Docosahexanoid acid)

Nutrisi ini didapat dari ASI, ikan tuna, salmon, makarel, sarden, daging, telur. AA dan DHA berguna untuk pertumbuhan sistem saraf pusat dan fungsi visual atau penglihatan

  • Asam lemak omega 3, 6 dan 9
Omega 3 bisa anda dapat dari telur, ayam, kacang kenari, ikan salmon dan tuna. Omega 6 di dapat dari kacang-kacangan, biji-bijian, daging merah, minyak nabati. Sedangkan omega 9 didapat dari minyak Canola, minyak bunga matahari, minyak zaitun, almond dan alpukat adalah makanan yang mengandung asam oleat.

Omega 3, 6 dan 9 berperan penting dalam membantu perkembangan otak dan memori anak, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol tinggi, menyehatkan mata, mengurangi depresi, mencegah kerusakan sel pada pengidap kanker, dll.

  • Asam Amino
berguna untuk membentuk struktur otak dan zat penghantar rangsang pada sambungan sel syaraf. Sumber makanan yang memiliki kandungan asam amino diantaranya yaitu daging sapi, daging ayam, telur, produk susu, kacang kedelai, avokad, gandum coklat, biji labut dan kacang-kacangan.

  • Vitamin B
Berguna untuk membantu perkembangan otak dan mengaktifkan fungsi otak yang pada akhirnya membantu dalam meningkatkan memori. Vitamin B bersumber pada makanan, seperti: telur, daging, bayam.

  • Zat besi
Zat besi membantu kerja enzim yang penting untuk perangsangan saraf. Zat besi ditemukan dalam otak secara tidak merata, sesuai dengan kebutuhan masing-masing bagian otak tersebut. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rendahnya kecerdasan.

Sumber nutrisi zat besi bisa didapat dari jenis kacang-kacangan, roti gandum, buah prune, bayam, telur, daging sapi, kangkung, jagung, chard, aprikot, jeruk, bit hijau, kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, kacang lentil serta sereal.

  • Yodium
Kekurangan yodium menyebabkan rendahnya kecerdasan. Yodium sendiri berguna untuk membentuk hormon didalam kelenjar. Hormon tiroid mempunyai efek yang nyata pada perkembangan otak, membuat peka sistem syaraf dan meningkatkan aktivitas otak. Makanan Sumber Yodium adalah salmon, Tuna, Kerang, Cod, Herring, Garam beryodium, kelp, rumput laut, susu.

  • Seng
Zinc atau seng dibutuhkan untuk pembelahan dan kemampuan membran sel-sel otak. Selain itu, zat seng berkait erat dengan pertumbuhan kecerdasan anak. Anak-anak yang kekurangan zat seng mengalami gangguan pertumbuhan kecerdasan. Makanan sumber seng adalah daging, kacang-kacangan, seafood atau susu.

  • Vitamin E
vitamin E membantu meningatkan fungsi otak. Vitamin ini dikenal sebagai antioksidan yang dapat menghambat perkembangan tahap pertama dari penyakit Alzeimer. Almond, sayuran berdaun hijau, minyak bunga matahari dan hazelnut merupakan makanan yang memiliki kandungan Vitamin E yang berlimpah.

Itulah beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kecerdasan anak. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di situs kami



| Nutrisi Penting Penunjang Kecerdasan Anak

BILA BARANG TERBUKTI PALSU, RUSAK ATAU TIDAK SAMPAI DITANGAN ANDA. GARANSI UANG KEMBALI. ANDA BERMINAT? PESAN Disini !!!