Kenali Penyebab Menurunnya Nafsu Makan Pada Anak

Anak-anak yang memasuki usia 1-15 tahun cenderung memiliki nafsu makan yang menurun, hal ini dikarenakan oleh beberapa penyebab, ini dia penyebab menurunnya nafsu makan pada anak:

  • Mulai mengenai ragam rasa dan selera
Rasa ingin tahu anak meledak-ledak saat usia batita, termasuk masalah rasa. Indra perasanya mulai mengecap citarasa lain selai rasa tawar air susu. Oleh karena itu, ia mulai menentukan pilihan rasa yang ia senangi.
  • Bosan terhadap tekstur makanan
Saat usia anak melewati 1 tahun, sebaiknya hindari makanan yang terlalu encer dan terlalu lunak. Kemungkinan besar ia bosan dengan tekstur makanan tinggal telah seperti itu, sebaiknya, mulailah memberikan makan yang bisa melatih gerakan pertistaltik di ringga mulutnya sehingga anak menikmati proses mengunyah. Hindari juga makanan yang terlalu keras karena akan merusak langit-langit, gusi dan ususnya.
  • Sedang aktif-aktifnya
Jangankan anak-anak, orang dewasa pun bila sedang aktif-aktifnya bekerja tentu tidak ingat makan. Begitu pula yang terjadi pada anak-anak yang memasuki masa dimana ia bisa merangkak, berjalan, atau berbicara. Tingkat eksplorasinya akan semakin tinggi. Ia akan lebih tertarik mengenali sesuatu yang baru daripada menjalankan rutinitas makan. Perhatiannya yang besar terhadap objek yang ditemukannya secara tidak langsung akan memengaruhi hilangnya rasa lapar di perutnya.
  • Sikap negatif yang menggebu-gebu
Ketika bayi dulu anak terlihat penurut. Tentu saja akan berbeda ketika usianya semakin bertambah. Kepandaiannya yang semakin banyak, memunculkan sisi-sisi egosentris si anak. Ia akan merasa dirinya “serba bisa” dan “serba kuat” padahal yang terjadi justru sebaliknya. Semakin ia dipaksa makan, semakin keras pula penolakan yang akan dilakukannya. Sebaiknya, ciptakan suasana yang menyenangkan ketika jadwal makan tiba.
  • Cari perhatian
terkadang rewelnya anak dalam urasan makan disebabkan karena ingin mencari perhatian dan ingin dimanja-manja. Apalagi bila anda seorang ibu yang sekaligus wanita yang berkarir diluar rumah.
  • Porsi yang berlebihan
Banyak ibu yang ingin anaknya terlihat gemuk dibandingkan anak-anak seusianya, dengan begitu, si ibu serta merata menyedaikan porsi makan yang besar 3x sehari. Padahal pemberian makan yang banyak membuat anak sulit merasa lapar di jadwal selanjutnya.
  • Kenyang cemilan
Ketika anak mulai dibiasakan jajan, nafsu makannya terhadap makanan pokok akan menurun. Terlebih bila ibu membiasakan jajan setiap hari. Sajian cemilan beraneka warna, bentuk dan mengandung penyedap rasa akan menimbulkan kecanduan bagi anak yang menyantapnya daripada nasi beserta lauk pauk yang sehat.
  • Sedang sakit
tubuh yang tidak fit akan berdampak pada lidah yang pahit dan tidak bergairah melakukan apapin juga termasuk makan. Ketika nafsu makannya menurun drastis, cobalah raba dahi anak, pastikan suhu tubuhnya normal atau tidak. Dengarkan perbahan suaranya serak atau tidak dan perhatikan lidahnya berwarna segar atau keruh. Bila tampak perbedaan dari anggota tubuhnya, bisa dipastikan nafsu makannya menurun karena sakit yang didertanya. Saat sakit, memang susah bagi anak untuk makan, Untui itu, ibu tak perlu menuntut dan memaksa anak untuk menhabiskan makanannya. Berikan makanan sedikit demi sedikit dalam posi semampu yang bisa diterima anak
  • Stress
Tentu saja anak-anak bisa mengalami ‘stres” karena sesuatu yang membuatnya marah atau kesal. Bisa jadi stres anak disebabkan karena amarah, atau paksaan Ibu yang berlebihan ketika jadwal makannya tiba. Paksaan yang berlebihan justru akan membuat anak frustasi dan akhirnya enggan berhadapan dengan jadwal makannya. Atau, bisa jadi ada hal-hal lain yang membuatnya merasa tertekan dan mengabaikan rasa laparnya.
  • Tidak suka cara atau tempat makannya
Kedengarannya memang agak aneh dan berlebihan memang. Hanya karena tidak suka cara atau tempat makannya, anak bisa saja menolak untuk makan. Tapi, memang demikianlah fakta yang banyak terjadi. Ada anak yang tidak suka jika diberi makan dengan cara disuap dengan menggunakan sendok. Sebaliknya ada anak yang tidak suka makan bila disuap dengan tangan. Ada juga anak yang enggan makan hanya karena bosan dengan tempat atau bentuk makanan yang disajikan. Di sini para Ibu dituntut untuk bisa lebih kreatif lagi memancing selera makan anak. Bila ia bosan dengan tempat makannya, tak ada salahnya menggantinya dengan yang baru yang gambarnya lebih menarik. Atau bila anak bosan dengan penyajian bentuk makanannya, cobalah menyajikan makanan tersebut ke anak dalam bentuk yang lebih kreatif dan menarik.

Ketika buah hati anda mengalami penurunan nafsu makan, sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebabnya. Dengan demikian, anda dapat mengatasinya. Anda juga bisa dengan memberikan beberapa suplemen alami peningkat nafsu makan anak seperti jelly gamat gold-g misalnya.




| Penyebab Menurunnya Nafsu Makan Pada Anak

BILA BARANG TERBUKTI PALSU, RUSAK ATAU TIDAK SAMPAI DITANGAN ANDA. GARANSI UANG KEMBALI. ANDA BERMINAT? PESAN Disini !!!